Tanpa mempedulikan keselamatan dirinya seorang petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau yang biasa dikenal dengan pasukan oranye nekat menyelam di got yang penuh sampah tanpa disertai alat yang memadai.

Sontak saja aksi gila petugas ini mendapat banyak respon dari banyak pihak, tak terkecuali Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Ahok pun meminta Kadis Sumber Daya Air DKI Teguh Hendrawan menyiapkan alat keamanan yang lengkap untuk para petugas.

“Ya, saya sudah tanya, kenapa nggak mau pakai kacamata dan alat keamanan. Mereka bilang, ‘Lebih enak.’ Mereka bilang sering begitu. Saya juga takut kena matanya. Tapi tadi Pak Teguh bilang yang mau harus belikan alat yang lengkap,” tuturnya.

Di tempat lain, seorang petugas oranye bahkan harus meninggal dunia saat bertugas untuk memantau ketinggian air banjir di area Kali Batik.

Dennis T Nenometa meninggal dunia karena hanya terbawa arus sungai pada 21 November 2017 pukul 05:30 WIB.

“Korban sedang dalam proses pengambilan gambar dari dekat jembatan besi. Sementara, Kali Batik itu tadi arusnya kencang dan meluap. Saat berusaha ambil gambar, dia terpleset dan jatuh bersama motor dan rekannya,” ujar Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Utara, Kompol HM Sungkono.

Advertisements