Selasa, 21 Februari 2017 Jakarta akan kembali dilanda aksi demontransi untuk menuntut proses hukum kepada Gubernur DKI Jakarta, Basuki Thajaja Purnama alias Ahok terkait kasus dugaan penistaan agama.

Massa yang mengatasnamakan aksi 212 ini digagas oleh Forum Umat Islam (FUI). Sebagaimana diberitakan, massa dari Forum Umat Islam (FUI) akan menggelar aksi pada Selasa (21/2) besok di kompleks gedung DPR dan MPR. Mereka menuntut untuk mengawal proses hukum Ahok.

“Kami juga mengimbau kepada seluruh umat untuk bersatu padu pada hari Selasa tanggal 21 Februari 2017 atau Aksi Bela Islam 212 demi tegaknya hukum dan keadilan di Indonesia,” kata Sekjen FUI Al Khaththath belum lama ini.

Berbeda dengan aksi sebelumnya yang berlangsung di sekitar kawasan Monas, Jakarta Pusat, aksi kali ini akan terfokus di depan gedung DPR/MPR.
Berikut jalur yang bisa dihindari warga Jakarta jika tidak ingin terjebak Massa aksi 212:

Imbauan jalan yang harus dihindari, Jalan Gatot Subroto selepas Semanggi arah barat, Jalan Gatot Subroto setelah Semanggi arah timur dan Jalan Gatot Subroto setelah traffic light Kuningan arah timur.

Belum ada pemberitahuan resmi dari Polda Metro Jaya terkait pengalihan arus. Namun jika terjadi pengalihan arus, Berikut skenario yang biasa diterapkan Polda Metro: 

Sementara skenario pengalihan arus lalu lintas saat terjadi kemacetan yakni Bundaran Hotel Indonesia (HI) arah Jalan Sudirman dialihkan ke Jalan Teluk Betung-Jalan Kebon kacang-Dukuh Atas-Jalan Kendal.

Dari arah Dukuh Atas dialihkan ke Tanah Abang-Jalan Gunung Galunggung, sedangkan kendaraan dari Patung Kuda dialihkan ke Jalan Wahid Hasyim-Jalan Ahmad Salim atau Jalan Sabang-Jalan Sultan Sahir.

Kawasan Istana Kepresidenan arah Jalan MH Thamrin menuju Harmoni dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Majapahit-Jalan Gajah Mada atau menuju Jalan Medan Merdeka Selatan-Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Medan Merdeka Utata-Jalan Veteran 1-Jalan Veteran.

Dari arah Harmoni atau Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Juanda-Jalan Pos-Jalan Gedung Kesenian-Jalan Lapangan Banteng Utara-Jalan Lapangan Banteng Barat-Jalan Pejambon-Jalan Raden Rais.

Selanjutnya menuju Jalan Surya Pranoto-Jalan Balikpapan Raya-Jalan Cideng Timur dan menuju Jalan Majapahit-Jalan Abdul Muis-Jalan Budi Kemuliaan atau Jalan Kebon Sirih.

Kendaraan dari Stasiun Kota ke Harmoni dialihkan ke kiri arah traffic light Olimo-Mangga Besar-Gunung Sahari-Jalan W Pranoto-Pecenongan-Jalan Samanhudi atau ke kana melalui Jalan Zainul Arifin.

Ruas jalan di depan gedung DPR/MPR RI Jalan Gatot Subroto arah barat dari Semanggi-Jalan Gerbang Pemuda-Jalan Gelora-Jalan Gelora I-Jalan Palmerah Utara. Kendaraan dari Jalan S Parman dialihkan menuju Jalan Pejompongan-Jalan Penjernihan atau Jalan Gelora 1.


Advertisements