Polemik mengenai status calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tengah jadi sorotan. Di H-1 sebelum masa pencoblosan Pilkada yang akan berlangsung esok hari, Rabu (15/02/17) polemik itu semakin ramai diperbincangkan.

Dari sejumlah literatur terkait kasus ini kita bisa melihat landasan hukumnya di Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota yang telah ditetapkan sebagai undang-undang oleh Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 (“UU 1/2015”) dan telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 (“UU 8/2015”) kemudian diubah kedua kalinya dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 (“UU 10/2016”).

Pada persyaratan calon kepala daerah yang diatur dalam Undang-Undang pun tersebut bahwa, Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur, Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati, serta Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota tidak pernah sebagai terpidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap atau bagi mantan terpidana telah secara terbuka dan jujur mengemukakan kepada publik bahwa yang bersangkutan mantan terpidana.

Dari penjelasan tersebut di atas, bagaimana dengan status Ahok saat ini? Pihak yang kontra Ahok menganggap seharusnya Menteri Dalam Negeri segera memberhentikan status Ahok sebagai Gubernur Petahana dan Ahok disebut tidak etis terus lanjut di Pilkada Jakarta tahun ini. Sedangkan yang pro Ahok menganggap bahwa proses hukum yang tengah dijalani belum memiliki kekuataan hukum yang tetap.

Menariknya, ternyata tidak hanya Ahok yang tetap maju di pesta Pilkada meski statusnya tersangka atau terpidana satu kasus hukum. Berikut deretan politikus yang kena jerat hukum namun tetap maju di Pilkada:

1. Rusli Habibie, calon gubernur Gorontalo, terdakwa kasus fitnah dan pencemaran nama baik.

rusli-habibie

Rusli Habibie (Credit Photo: wikipedia).

2. Samsu Umar Abdul Samiun, calon bupati Buton, tersangka kasus suap sengketa Pilkada Buton 2011.

5889de0554967-kpk-tahan-bupati-buton-samsu-umar-abdul-samiun-tengah_663_382
Samsu Umar Abdul Samiun (tengah). Credit Photo: Celebes News.

3. Yesaya Buinei, calon bupati Waropen, terdakwa kasus korupsi dana hibah Pilkada Waropen 2010.

20150626bupati_waropen_yesaya_buinay_ist600
Yesaya Buinei (Credit Photo: Antara).

Advertisements