Sebuah situs internasional bernama marijuanatravels.com menyebut ada tiga daerah di Jakarta yang merupakan tempat pembelian ganja terbaik. Ketiga tempat tersebut ialah Kampung Ambon, Kawasan Blok M di sebuah mal kecil yang tidak dsebutkan namanya, dan daerah Pasar Raya, Manggarai.

Situs marijuanatravels.com juga membedah soal soal harga ganja di Jakarta dari tingkat terbaik sampai terendah. Dalam situs tersebut disebutkan bahwa ganja kualitas terbaik di Jakarta dijual dengan harga 133,22 dolar sedangkan untuk ganja kualitas buruk dijual dengan harga 33,60 dolar per ons.

Pada update terakhir situs ini disebutkan bahwa ganja kualitas terbaik di Jakarta per 04 Februari 2017 dijual dengan harga 100 dolar per ons.

ganja
Daftar harga ganja di Jakarta (sumber foto: www.marijuanatravels.com).

Di situs ini juga ditambahkan informasi bahwa memiliki dan menghisap ganja merupakan tindakan pelanggaran hukum di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, ganja merupakan salah satu jenis narkotika golongan I sebagaimana disebutkan dalam Daftar Narkotika Golongan I angka 8 Lampiran I Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika (“UU Narkotika”):

“Tanaman ganja, semua tanaman genus-genus cannabis dan semua bagian dari tanaman termasuk biji, buah, jerami, hasil olahan tanaman ganja atau bagian tanaman ganja termasuk damar ganja dan hasis.”

Sedangkan untuk mereka yang jadi pengedar akan mendapat jerat hukum sesuai Pasal 112 UU Narkotika yang berbunyi:

(1) Setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan I bukan tanaman, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 12 (dua belas) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp. 800.000.000,00 (delapan ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp. 8.000.000.000,00 (delapan miliar rupiah).

(2) Dalam hal perbuatan memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan I bukan tanaman sebagaimana dimaksud pada ayat (1) beratnya melebihi 5 (lima) gram, pelaku dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda maksimum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditambah 1/3 (sepertiga).”

Advertisements