Seorang pemuka agama Islam asal Nigeria, Mohammed Bello Abubakar alias Baba Masaba yang dikenal sebagai raja poligami dunia dikabarkan tutup usia pada Senin (30/01/17) waktu setempat.

Masaba menghembuskan nafas terakhir pada usia 93 tahun. Kematiannya menyisakan duka bagi 130 orang istri, yang beberapa di antaranya tengah dalam keadaan mengandung. Masaba juga meninggalkan 203 orang anak.

istri-ketiga-masaba-hajjah-hasfat-belloIstri Ketiga Masaba, Hajjah Hasfat Bello.

Masaba mulai dikenal sebagai tokoh poligami paling produktif di dunia pada tahun 2008, setelah dirinya menikahi 86 orang wanita.

Media lokal, Nigeria Daily Trust menjadi media pertama yang mempublikasikannya hingga membuat namanya tenar ke seantero dunia.

fatima-bello-salah-seorang-putri-masaba-bersama-beberapa-orang-putri-masaba-lainnyaFatima Bello salah seorang putri Masaba bersama beberapa orang putri Masaba lainnya.

Semasa hidupnya, Masaba dikenal sebagai pemuka agama Islam yang kerap memberikan siraman rohani ke beberapa wilayah di Nigeria.

Namun Otoritas Muslim Nigeria mengklaim dirinya sebagai penyebar aliran sesat, karena Masaba mengklaim dirinya memiliki garis keturunan langsung dengan Nabi Muhammad SAW, sebagaimana diyakini beberapa orang istrinya.

Selain itu, sebagian besar ulama Nigeria berpendapat jika poligami dalam Islam hanya memperbolehkan seorang pria menikahi empat orang wanita. Namun Masaba meyakini jika Tuhan memberikannya kekuatan untuk bisa melakukannya lebih dari itu.

rumah-tempat-mohammed-bello-abubakar-hidup-bersama-para-istri-dan-anaknyaRumah tempat Mohammed Bello Abubakar hidup bersama para istri dan anaknya.

Advertisements